Selasa, 07 April 2009

Sejarah perkembangan komputer

Munculnya peralatan komputer di dasari oleh penemuan terdahulu
yang diawali tahun 1340 di Italia, peralatan yang bernama Bookkeeping machine
dan disempurnakan pada tahun 1494 oleh Luca paciolo.
kunci perkembangan tekhnologi komputer ditentukan setelah ditemukanya mesin hitung punch-card oleh Yosep marie jacquard merupakan system operasi sistem hitung dengan metode kartu berlubang untuk mempresentasikan huruf-huruf digit dan karakter,yang ditampilkan dengan sistem kode-kode. Kemudian disempurnakan pada tahun 1812 oleh Charles Babbage dari Inggris.
Perkembangan sistem punch-card selanjutnya disempurnakan oleh Dr. Herman Hollerith dari biro sensus Amerika Serikat. Pada tahun 1896 Dr.Herman Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company. Pada tahun 1904 James Power menyempurnakan sistem punch-card untuk memproses data sensus penduduk.
Kemudian pada tahun 1944 Prof. Howard Aiken dari University Havard menciptakan suatu mesin Automatic Calculating yang merupakan penyempurnaan dari sistem punch card.
Kemudian membangun suatu mesin Electronic Mechanical Computer yang dikenal dengan Mark 1. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah-masalah ilmiah dan segala kalkulasinya dikontrol dengan punched paper type.
Menurut J.M Van Oorschot menyatakan computer is a group of machine which in coorperation and full coordination under the control of a program stored in its memory.
Sedangkan yang dimaksud EDPS ( Electronic Data Processing System). EDPS is a term used for describing the processing of datra largely by electrnic means in which a computer plays the key ruller.
Dari rumusan-rumusan diatas jelaslah bahwa komputer merupakan suatu alat bantu yang mampu melaksanakan tugas pengolahan data yang juga merupakan suatu alat yang memegang peranan penting dalam suatu EDPS( Electronic Data Processibg System ).
sumber komputer smk Dr. Totok Suharto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar